Catatan: Untuk alasan yang tidak saya ketahui, RSS-feed untuk blog ini tidak ter-update dalam Bloglines maupun di Google Reader. Saya sedang berusaha memperbaikinya. Mohon maaf. Menurut Bloglines, hal ini bisa terjadi untuk WordPress. Saya memang menggunakan klon WordPress untuk Blogger di sini (lihat kredit di bawah). Terima kasih, dan mohon bersabar. (Aco)

Sunday, May 13, 2007

Hari Gini Nasionalisasi?

Dunia (sosialis) menyambut Evo Morales di Bolivia yang menasionalisasi berbagai perusahaan dan industri yang sebelumnya didominasi pemilik asing.

Bayangkan ilustrasi berikut. Anda, setelah melakukan observasi, memutuskan untuk membeli rumah dan menetap di satu kota kecil. Anda melakukan semuanya sesuai peraturan dan prosedur: punya sertifikat rumah, akta pembelian, bayar pajak, dan sebagainya. Tiba-tiba suatu hari, pemerintah di kota itu memutuskan bahwa Anda tidak boleh tinggal di situ. Anda harus pergi.

Nasionalisasi a la Morales ya seperti itu.

Kalau mau taruhan, kita lihat saja 5-10 tahun lagi. Saya yakin Bolivia nggak akan maju-maju, kecuali mereka melakukan reformasi yang bias pasar.

Vietnam dan Cina yang komunis aja ngerti.

Tambahan: Sahabat Morales, Hugo Chavez sedang dilanda demonstrasi besar-besaran. Pasalnya, Chavez berniat untuk mengambil alih RCTV, stasiun dan jaringan televisi yang memang cukup kritis terhadap pemerintahan Chavez. Yang menarik, puluhan ribu orang turun ke jalan. Artinya, bukan cuma pegawai dan pekerja RCTV. Rupanya anak-anak muda Venezuela sadar juga bahwa hak-hak mereka sedang digerogoti oleh Chavez. (Berita di sini)